Monday, February 27, 2017

[Fiksi] Story Blog Tour Family - Episode 6 : Butuh Dukungan

Sejujurnya gue pusing banget dengan genre Komedi (Betawi) ini, tapi diusahakan biar Betawinya dapet, apalagi Komedi-nya. Mudah-mudahan nggak garing-garing amatlah ya...

Cekidot~

Berikut adalah SBT OWOP II dengan genre FAMILY-COMEDY, silakan dicek episode 1-5-nya sebagai berikut :

Episode 1 - Balada Cinta Udin dan Lela oleh Mister Izzy
Episode 2 - Balada Cinta Udin dan Lela.2 oleh Kak Shireishou
Episode 3 - Beras, Cabai dan Selingkuh oleh Said
Episode 4 - Cinta Ditolak? oleh Nadita
Episode 5 - Luka Yang Membawa Harapan oleh Imron

Dan inilah episode 6, dengan judul : Butuh Dukungan
Langsung aja cek di bawah ya, brosist~ 




BUTUH DUKUNGAN


“Berarti satu-satunye jalan yang bisa gue lakuin sekarang adalah... cari kerja. Hm, ya... dengan begitu, mungkin gue bisa ngalahin Steven.” Namun sedetik kemudian isi kepala Udin bercampur aduk karena berpikir keras harus mulai dari mana. Udin keluar kamar dan mengikuti kemana kakinya membawa pergi.

Dengan mendapat kerja, tentu saja uang yang akan dia dapatkan akan memberikan banyak keuntungan. Jangankan kendaraan pribadi, wajahnya pun bisa diubah menjadi seganteng Lee Minho.

“Ngapa lo Tong parkir badan di depan pintu, gitu? Mau nyetor lagi?” Emak benerin cepolan rambutnya dan menghampiri Udin.

“Eh, Emak... Ini Mak, Udin lagi mikir gimana caranya dapet kerja yang bagus.”

“HA?” Sesorean tadi, Emak gadoin jengkol yang dikasih sama Pak Haji Midun karena pohon jengkolnya lagi panen. Dan terkadang baunya nggak bercanda kalau Emak lagi buka mulut.

“Ya Allah Gusti, Mak...” Udin mengibas-ngibas udara yang ada di depan indra penciumannya itu.

“Lah, Emak yang harusnya nyebut Din...” Emak memegang kepala Udin dengan segera. “Sakit lo, Din?”

“Emak, kalo anaknya mau maju seharusnya dukung dengan sepenuh hati dong. Emak kagak boleh memandang remeh atau meragukan Udin, karena semua yang keluar dari mulut Emak akan menjadi dorongan semangat buat Udin...”

“Cieelaa, Mario Teguh banget lo, kata-katanya menginspirasi.”

“Dih, si Emak...” melihat anaknya yang cemberut kemudian Emak tersenyum tipis melihat Udin. Dirinya kembali seperti merasakan angin segar mendengar berita seperti ini. Karena selama ini Emak merasa Udin telah menyia-nyiakan sekolah S1 dengan lebih memilih pekerjaan Ojek pangkalan.

“Kalau Udin punya duit jangan kan Martabak coklat keju, tiap hari Udin bawain steak super empuk dari sapi Jepang terkenal. Terus jangankan mobil, ntar tiap hari kalau mau ke rumah Lela gue booking tuh pesawat!” karena terlalu semangat, semua bayangan yang dia inginkan melintas semua di kepala dan terucap begitu saja.

“HA?”

Udin mengernyitkan keningnya dan menahan napas, “Mak!”

“Eh, iya sori sori...” hanya sebentar Emak merasa bersalah karena telah mendzalimi hidung Udin, namun kali ini dia berhadapan dengan Udin dengan tatapan sengitnya. “Lela lagi, Lela lagi... Kok lo badung banget dibilangin sih, Din?”

Serta merta Udin teringat kembali kalau masalah cintanya dengan Lela bukan hanya Steven yang mengalahkannya dalam segi materi. Emaknya adalah salah satu hambatan terbesar dalam kisah percintaan mereka.

Udin tidak bisa membuka mulutnya karena merasa telah membocorkan misi kepada kubu lawannya yang satu.

“Kalo lo mau cari kerja bagus demi Lela, Emak nggak ngedukung! Mending lo ngojek pangkalan aja deh terus, kita masih bisa hidup enak dari penghasilan kontrakan bokap lo.” Emak melengos pergi dengan hati yang nggak karuan.

Bagai memakan buah si malakama, Udin merasa semua nasib baik tidak berpihak padanya. Kalau tidak menjadi Romeo yang harus berkorban perasaan, mungkin Udin harus menjadi si Malin Kundang anak durhaka. Keduanya adalah pilihan yang tidak menyenangkan, terkadang rasanya melakukan operasi transgender lebih baik daripada kedua pilihan di atas.

--

Hari ini jadwal Udin untuk ngojek di pangkalan dari jam 10 pagi sampai dzuhur. Terus istirahat bentar, makan dan bobok siang, jam tiga sore bangun, solat ashar lanjut ngojek sampai jam lima sore. Hidup yang pelik, padahal kerjaan ngojek Udin cukup sibuk, tapi orang-orang selalu bilang kalau Udin tidak punya kerjaan.

“Assalamualaikum, Beh!” Udin mendekati pangkalan dengan hati yang galau. Beberapa lelaki yang berumuran setengah baya sedang bermain boardgame kesayangannya dan berteriak histeris ketika selesai mengocok dadu mendapatkan nomor yang diinginkan.

“Eh, elo Din,” Sapa Babeh Cecep salah satu tukang gojek pangkalan, rekan kerja selingan Udin.

“Duduk mari, muka lu sepet banget. Pagi-pagi udah ditekuk gitu...” kata Babeh Apeng sambil menghitung-hitung duitnya, bermaksud untuk membeli hotel tambahan.

“Lemes banget lo, Din. Ade ape sih, sini cerita!” Babeh Buyung yang sedang di atas awan bisa memberikan perhatiannya sedikit kepada Udin.

“Gini para babeh sekalian... Mengenai Lela...”

“Yailah, lo mah nggak jauh-jauh yak. Lela lagi-Lela lagi...” sela Babeh Cecep.

“Tapi masalah kini semakin pelik, Beh... ibarat kata kalau gunung berapi nih, udah siaga dua.”

“Kenape lagi sama si Lela?” tanya Babeh Buyung penasaran.

“Lela hampir diserobot orang Beh,” ketiga Babeh itu tidak kaget melainkan sudah menduga kenapa akhirnya Udin bisa diserobot begitu.

“Lonya sih nggak gerak cepet, wajar aja kalo kena serobot. Kupret!” Babeh Apeng mendapatkan angka yang mengharuskan dia masuk penjara, sehingga sempet menyumpah serapah. 

“Lo harus cari jalan keluar buat menangin pertandingan ini, Din!” Babeh Cecep pun mulai serius mengocok dadu, berharap dia bisa membuat dadu yang keluar sesuai dengan keinginannya.

“Sana mikir dulu, cari strategi yang bagus!” perintah Babeh Buyung dengan pongah, karena saat ini merajai permainan itu.

“Udah sih, Beh...” ketiganya cukup terkejut dengan ‘satu langkah lebih maju’-nya Udin ini, membuat mereka sempat memalingkan pandangannya dari permainan kesayangannya.

“Rencana ape, Din?” Babeh Buyung kembali penasaran, entah kenapa jadi sedikit merasa terancam. Padahal bukan strategi untuk mengalahkan dia.

“Aye harus cari kerjaan baru yang lebih bagus!”

“Hah?” ketiga lelaki setengah baya yang biasa dia panggil dengan sebutan ‘Babeh’ ini sontak kaget. Namun di akhirnya mereka berkomentar, “Mane bisa, Din.”

“Ya ampun, Beh... tega banget.”

“Mending lo ke Mak Seli aja sana, nanya nomor togel yang keluar minggu depan,” Komen babeh Apeng.

“Heh, sembarangan! Mak Seli udah tobat jadi dukun, ngaco aja lo,” sembur Babeh Buyung.

“Nggak, Beh... Kali ini Udin serius.”
Ketiganya kembali menatap Udin dan baru sadar kalau hari ini Udin berpakaian lebih rapih dari biasanya.

“Lo seriusan Din?” Babeh Cecep menatapnya sendu.

“Lo nggak kasian sama kite-kite...?” Babeh Apeng ikutan melow.

“Lo mau ninggalin kite?” Babeh Buyung mulai baper.

“Cepat atau lambat aye bakal ningalin babeh-babeh sekalian, dan berjalan buat masa depan aye sendiri...”

“Yah, Din...” Babeh Cecep hampir tidak bisa membendung emosi yang ada di dalam dirinya lagi.

“Yang kuat, Beh... ini ujian kita...”

“Siapa yang bakal ngawasin mainan kita kalo kita lagi dapet orderan...” Babeh Buyung mulai tidak fokus, pikiran dan perasaannya mulai bercabang.

“Iya, Din... kalo kurang orang, maen monopolinya jadi kurang asik,” komen Babeh Apeng yang perasaannya kalah dengan logika.

“Lah, kan babeh emang keseringan maen bertiga aja?” ceplos Udin yang hari ini ditinggal main lagi.

“Eh, iya sih... hehehe” Babeh Apeng jadi salah tingkah.

“Mulai sekarang kalian bisa dipanggil Trio ABC juga kan?” kembali Udin memeberi masukan yang positif.

“Eh, bagus juga ya, Yung. Trio ABC...”

“Iya Cuy, mantep jiwa.” Meskipun merasa Kwartet CUBA juga bagus, tapi Trio ABC juga nggak kalah bagusnya, pikir Babeh-Babeh itu makanya mukanya mulai semringah lagi.

“Yaudah sana, Din cari kerja yang bener,” perintah para babehnya itu dengan semangat.

Meskipun agak bertanya-tanya kenapa mereka muv on-nya cepet banget, Udin tidak ambil pusing. Karena dukungan dari mereka sudah lebih dari cukup dari apa yang dibutuhkan Udin sekarang. Dia yang dari rumah izin sama Emak-nya buat ngojek biasa, kini mencoba peruntungannya dengan membawa segudang surat lamaran dan menyebarkannya ke kantor-kantor bonafit.


Bersambung ke blog Megawati ye...
di mari (Episode 7) 




No comments:

Post a Comment